Jumat, 09 April 2010

HTTP

Apa itu HTTPS?
Beberapa hari yang lalu, aq berbicara sama adik kelas soal gimana kalau share hosting, eh, ndak disangka malah dikasih space, ya akhirnya aq ambil saja. thks you very much. Tapi, setelah tak coba, kok ndak bisa-bisa dari kantor control panelnya. Ehmm, ternyata ipku perlu dirubah oleh orang network. akhirnya bisa dech. Setelah itu baru dech ngetest-test. Dari segelumit hal tersebut, ada satu hal yang bisa diambil pelajaran penting ,yaitu tentang https. Iya, protokol ini memang jarang disebut, karena kalah tenar ama saudaranya http.hmm, ini sedikit soal https.
HTTPS
Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.
Langsung ke: panduan arah, cari
HTTPS adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web. Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersi elektris.
Selain menggunakan komunikasi plain text, HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security). Kedua protokol tersebut memberikan perlindungan yang memadai dari serangan eavesdroppers, dan man in the middle attacks. Pada umumnya port HTTPS adalah 443.
Tingkat keamanan tergantung pada ketepatan dalam mengimplementasikan pada browser web dan perangkat lunak server dan didukung oleh algorithma penyandian yang aktual.
Oleh karena itu, pada halaman web digunakan HTTPS, dan URL yang digunakan dimulai dengan ‘https://’ bukan dengan ‘http://’
Kesalahpahaman yang sering terjadi pada pengguna kartu kredit di web ialah dengan menganggap HTTPS “sepenuhnya” melindungi transaksi mereka. Sedangkan pada kenyataannya, HTTPS hanya melakukan enkripsi informasi dari kartu mereka antara browser mereka dengan web server yang menerima informasi. Pada web server, informasi kartu mereke secara tipikal tersimpan di database server (terkadang tidak langsung dikirimkan ke pemroses kartu kredit), dan server database inilah yang paling sering menjadi sasaran penyerangan oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

aku selalu ada....