Jumat, 09 April 2010

Installasi Xampp

Installasi Xampp
Cara menginstal Xampp:
1.Sebelum mengistall webserver ini alangkah baiknya kamu download dulu “xampp-win32-1.4.11-installer” karena tanpa itu kamu tidak bakal bisa menginstall….hee.!!
2.Pilihlah bahasa Indonesia sebagai bahasa menu. Kemudian klik ok.
3.Pada layar menu selanjutnya klik maju. (pastikan anda tidak sedang menjalankan program lainnya saat instalasi) lalu pilih saya setuju.
4.Biarkan pilihan tujuan folder dan klik instal.
5.Tunggu sampai proses Instalasi selesai lalu klik Selesai.
6.Untuk memulai menjalankan xampp; klik start, all program lalu klik xampp basic start. Di bawah basic start juga terdapat pilihan basic stop untuk menghentikan program.
7.Jika anda menggunakan windows XP maka akan muncul peringatan seperti di bawah, klik unblock
8.Setelah itu pada browser internet anda akan muncul program Xampp seperti gambar di bawah. Klik tulisan English untuk memunculkan menu dalam bahasa inggris.
1.3Konfigurasi Xampp
Seperti yang telah disebutkan Xampp merupakan gabungan dari server lokal, php sebagai script dan mysql sebagai basis data. Di dalam Xampp juga terdapat aplikasi phpmyadmin di mana pengguna atau admin dapat membuat basis data baru, ekspor dan impor data juga mengatur hak akses dan sebagainya.
Untuk menjalankan phpmyadmin pertama mulai dahulu program Xampp seperti yang telah disebutkan di atas. Pada layar menu tools sebelah kiri layar ambil pilihan phpmyadmin maka akan muncul layar seperti gambar di bawah.
Tampilan layar phpmyadmin
Pada tampilan layar tersebut anda dapat mengubah bahasa ke dalam bahasa Indonesia, menciptakan database baru (anda tinggal ketik di dalam form kosong lalu klik ciptakan), ataupun menambah dan mengubah hak akses.
Untuk sekarang anda bisa menambahkan sebuah database baru mengabaikan dahulu yang lainnya. Ketikkan “myweb” (tanpa tanda kutip) pada form kosong lalu klik ciptakan maka sebuah database baru bernama myweb sudah anda buat.
Tinggalkan sebuah Komentar
Kenapa harus Joomla???
Oktober 20, 2008 pada 6:18 am (Seputar Website)
Pada artikel sebelumnya saya telah menguraikan apa itu CMS. Kali ini merupakan jenis CMS yang pernah saya gunakan. Dari judul saja mungkin kamu bertanya kenapa harus menggunakan CMS Joomla?! Mungkin dari sana kamu terpikir apa keistimewaan dari Joomla atau bahkan kamu tidak mengetahui sama sekali mengenai Joomla. Okey, setelah membaca artikel ini mungkin kamu sedikit mendapatkan pencerarah mengenai Joomla.
Joomla merupakan CMS terpopuler saat ini dan hasil turunan pengembangan dari CMS Mambo sehingga menyebabkan banyak kemiripan diantaranya. Seluruh kalangan web developer diseluruh penjuru dunia 80 % menggunakan Joomla. Kepopuleran joomla disebabkan bersifat opensource yang ditulis menggunakan PHP dan berbasis data MySQL. Para pengembang joomla focus pada prinsip free application dan tidak ingin membuat sesuatu yang komersil seperti pendahulunya CMS Mambo. Istilah joomla diambil dari bahasa Swahili yang berarti “all together” atau “as a whole”, yaitu bersama – sama.
Pengembangan web menggunakan joomla lebih fleksibel dan professional. Menurut saya joomla lebih praktis digunakan, karena mudah sekali untuk memanage konten ditambah ekstentionnya telah disediakan. Awalnya memang sulit bagi saya untuk memahami dan mempelajari joomla karena tidak memahami kegunaan dann fungsi dari pakage joomla. Setelah memahaminya dalam waktu kurang lebih 4 bulan (belajar setengah2), maka akan sangat mudah digunakan.
Ok…kembali ke jalan yang benar…!!!
Intinya joomla sangat mudah dan praktis karena support dan tutorialnya banyak sekali di internet. Website menggunakan joomla banyak digunakan untuk perorangan seperti www.dianprima.com, periklanan www.banjarshop.com, instansi pendidikan www.pjjumm.org (Pendidikan Jarak Jauh Universitas Muhammadiyah Malang), instansi pemerintahan www.kalselprov.go.id, maupun corporate seperti operator seluler www.xl.co.id, dan masih banyak lagi situs lainnya menggunakan joomla.
Joomla memiliki kelebihan – kelebihan secra umum di definisikan sebagai berikut :
Mudah melakukan setup / instalasi
Fleksibel
Fleksibel dalam management admin dan pengembangan web, karena dapat menambah, mengubah dan menghapus konten maupun image.
User Friendly
Joomla menawarkan interface yang bersahabat, walaupun pengguna tidak memiliki pengetahuan tentang web dan pemprograman. User dapat meng-update konten dan menggunakann fitur joomla dengan mudah.
Open source dan many support
Artinya tidak hanya gratis tapi juga setiap orang dapat mengembangkan dan menggunakan serta mendistribusikan dengan jelas dan bebas. Selain itu forum diskusi, ekstention, template maupun yang pendukung lainnya banyak sekali tersebar di internet. Jadi, menurut saya kalau dilihat 10 tahun kedepan joomla tidak akan mati deeh.
Powerfull
Joomla dapat diaplikasikan dengan semua jenis website, mulai dari corporate, e-commers, e-goeverment, sampai community builder.
Jadi tunggu apa lagi, segera install joomla di computer kamu….!!!! Tapi sebelumnya baca dulu petunjuk instalasinya disini.
3 Komentar
Pengenalan CMS ( Content Management System )
Oktober 20, 2008 pada 6:14 am (Seputar Website)
Setelah mengenal website pada artikel saya sebelumnya, kali ini saya akan menguraikan apa yang dimakasud dengan CMS. Okey, tanpa panjang lebar tetek bengek lagi kita langsung ke TKP yach…
CMS merupakan singkatan dari Content Management System, yaitu dimana website dibuat dengan sebuah aplikasi yang selutuh systemnya dapat dikelola sendiri. Mulai dari template, admin, manejemen konten, kesiapan free extention (modul dan komponen) sehingga memudahkan dalam membuat dan mengelola website.
Jenis – jenis dari CMS kalau tidak salah ada 7 yang saya tau, seperti berikut :
1.Joomla
2.WordPress
3.Oscommers
4.Drupal
5.Php Nuke
6.Mambo
7.Plume
Untuk itu saya akan berbagi pengalaman dengan CMS yang pernah saya gunakan, tentunya tidak semua CMS pernah saya gunakan. Salah satu CMS yang pernah saya gunakan adalah Joomla. Kenapa harus Joomla?? Silakan kita lihat pada artikel selanjutnya. Silakan ndelo dewe ndek kene yooo…!!!!
Tinggalkan sebuah Komentar
Mengenal Website
September 24, 2008 pada 2:57 pm (Seputar Website)
aLLow…
kLo diliat saat ini webmaster menjamur dimana2…dari kalangan yang ngerti bahasa pemrograman ampe yang buta kakap ama pemrograman web. Biasanya kLo webmaster murni mereka mengenal bahasa dasar pemrograman website seperti HTML. kLo udah kenal ama HTML, bisa langsung mendalami bahasa pemrograman tingkat lanjut seperti CSS maupun PHP yang biasa digunakan dalam pemrograman website. Naah, webmaster ga murni, mereka biasanya mengggunakan Conten Management System (CMS) yang penggunaannya free. Pernah tukang buat website kerjaannya apa,ternyata dy tuch PNS dan ga tau bahasa pemrograman sama sekali. Tapi dy kenal ama CMS. Penggunaan CMS sangat mudah dan orang awampun bisa membuat website daalam hitungan detik.
Jenis – jenis website kLo sepengetahuan ane niech ada dua jenis ( mohon dikoreksi ), ada yang bersifat statis dan ada website yang dinamis. Artinya sebagai berikut :
Statis : website yang memiliki konten diatur dan di isi langsung memalui file – file package website, artinya tidak memiliki halaman database.
Dinamis : website yang memiliki konten maupun pengaturannya melalui database dan memiliki database, sehingga memudahkan administrator untuk mengelolanya secara mandiri.
Penggunaan website statis ruang lingkupnya sangat terbatas, sehingga website tersebut biasanya digunakan untuk company profile yang perubahan kontennya sangat lama atau bahkan tidak pernah dirubah sama sekali. Dan ini hanya bisa menggunakan bahasa pemrograman murni.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

aku selalu ada....