Jumat, 09 April 2010

Hyper Text Markup Language

HTML
HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language adalah file teks atau file ASCII yang berisi instruksi/script kepada web browser untuk menampilkan suatu tampilan grafis dari sebuah halaman web. Didalam file HTML terdapat beberapa "tag" atau kode-kode yang dimengerti oleh web browser dan dapat menampilkannya di layar monitor.
File HTML dapat dibuat dengan aplikasi text editor apapun di sistem operasi apapun, antara lain : Notepad di Windows, emasc atau vi di Unix atau SimpleText di Macintosh. File HTML ini juga bisa dibuat di aplikasi word processor apapun asalkan saat menyimpan file tersebut disimpan dengan format text-only.
Salah satu kelebihan file HTML adalah cross platform, artinya file HTML dapat ditampilkan di beberapa Operating System (OS) yang berbeda dan memiliki tampilan yang sama walaupun saat pembuatannya menggunakan satu OS tertentu saja.
Saat web browser menampilkan sebuah halaman web, web browser membaca halaman web tersebut dari sebuah file teks dan kemudian mencari kode-kode special (dalam hal ini adalah tag HTML) yang ditandai dengan karakter "<" dan ">".
Tag HTML pada umumnya dibuat berpasangan, ada tag pembuka dan ada tag penutup. Format umum tag HTML adalah :
Teks yang akan ditampilkan
Sebuah contoh, misalnya judul halaman ini menggunakan tag header :

Apa itu tag HTML ?


Tag tersebut akan memberikan informasi kepada web browser untuk menampilkan teks "Apa itu tag HTML ?" dengan style header level 3. Tag HTML dapat menginstruksikan web browser untuk menebalkan sebuah teks (bold), menampilkan dengan format miring/italic, membuatnya sebagai sebuah header dengan level tertentu, atau membuatnya sebagai sebuah hyperlink ke halaman web yang lain.
Sebuah tag penutup selalu diberikan karakter "/", yang berfungsi untuk memberhentikan proses tagging kepada web browser. Banyak tag HTML yang selalu berpasangan dengan cara seperti ini. Bila kita lupa memberikan tag penutup maka web browser akan menganggap bahwa tag tersebbut berlaku untuk keseluruhan dokumen dan hasil tampilan halaman web tersebut tidak seperti yang kita inginkan.
Penulisan tag-tag HTML tidak memperhatikan penggunaan huruf (case in-sensitive), apakah menggunakan huruf besar atau huruf kecil, akan menghasilkan tampilan yang sama.
Tidak seperti di bahasa pemrograman, kesalahan akibat peletakan atau penggunaan tag HTML tidak akan mengakibatkan sistem komputer menjadi hang atau rusak. Kesalahan tersebut hanya akan berakibat pada tampilan halaman web tersebut.
Web browser memang sengaja dirancang dengan kemampuan mengenali dan melaksanakan 'hanya' beberapa tag HTML dari keseluruhan tag standard W3C. Bila ada tag HTML yang tidak diketahui dalam halaman web yang sedang diproses, web browser akan mengabaikannya seakan-akan tag tersebut tidak ada.
Contoh :

Apa itu tag HTML ?


akan menampilkan tampilan yang sama dengan

Apa itu tag HTML ?

. Jadi tag dan sama sekali diabaikan oleh web browser.
Tag META

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, tag-tag pada elemen HEAD tidak akan ditampilkan oleh web browser, tetapi tag-tag pada elemen ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman web dibawahnya.
Di elemen Head ada beberapa tag-tag Meta yang bisa digunakan, tetapi kita akan membahas tiga tag yang cukup penting, yaitu tag meta author, description dan keyword. Tag-tag meta ini tidak memiliki tag penutup seperti tag-tag di elemen body pada umumnya.
Tag Meta Auhtor
Tag ini berfungsi untuk menjelaskan perancang halaman web. Contoh :


Tag Meta Description
Tag meta ini berfungsi saat kita menggunakan search engine yang akan mengindex website secara otomatis. Program di search engine ini akan mencari deskripsi di website kita dan akan mencarinya di tag meta ini. Contoh :


Tag Meta Keyword
Tag ini berfungsi untuk search engine yang bertipe auto robot yang secara otomatis akan mencari kata-kata di tag ini dan meletakkan di database mereka. Bila seseorang mencari dengan kata-kata yang terdapat dalam tag meta ini maka website kita akan termasuk dalam salah satu hasil pencarian. Contoh :


Berikut ini komposisi ketiganya dalam elemen Head sebuah dokumen HTML :



Halamanku





contoh Meta Tags



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

aku selalu ada....